Sejarah Komputer Dan Mengenal Struktur Sistem Komputer

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER

Apa itu Komputer?, Komputer adalah  perangkat elektronik yang menerima, menyimpan dan memproses data menjadi informasi secara matematis atau logis sesuai dengan serangkaian instruksi yang di program. Sistem komputer adalah komputer lengkap yang mencakup perangkat keras, dan sistem operasi.

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai sejarah-sejarah komputer.


A. Generasi Pertama (1940-1956)

Perangkat komputer yang pertama ternyata dikembangkan untuk desain pesawat dan peluru kendali. Komputer generasi pertama ini digagas oleh Konrad Zuse, seorang insinyur asal jerman. Komputer ini menggunakan tabung hampa udara sebagai sirkuit dan drum magnetik untuk memori.

Komputer generasi pertama mempunyai besar yang hampir mengisi seluruh ruangan. Seperti ENIAC, ENIAC adalah komputer pertama di dunia yang mempunyai bobot 30 ton, panjang 30 Meter dan tinggi 2,4 Meter.


Gambar komputer generasi pertama. (Sumber : Midtown Blogger/Manhattan Valley Follies: ENIAC: Rescuing the World's First Computer- WIRED)

Karakteristik Komputer Generasi Pertama :
  1. Menggunakan tabung vakum
  2. Sistem operasinya sangat lambat
  3. Ukurannya sangat besar
  4. Menghasilkan suhu panas yang berlebihan
  5. Menggunakan program bahasa mesin (machine language)
  6. Programnya rumit dan sulit digunakan

B. Generasi Kedua (1956-1963)

Pada tahun 1947, penemuan transistor oleh tiga ilmuan yaitu J. Bardeen, H.W. Brattain dan W. Shockley sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor adalah sebuah komponen kecil yang terbuat dari bahan semikonduktor (germanium dan silikon) menggantikan vakum tube di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. 

IBM 7030. (Sumber Gambar : KOMPUTER GENERASI KEDUA (1956-1964) | Kecarat)
Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer buatan  IBM  bernama IBM 7030 Stretch, dan super komputer buatan Sprery-Rand bernama LARC (Livermore Advanced Research Computer)Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. 

Karakteristik Komputer Generasi  Kedua :
  1. Penggunaaan transistor menggantikan tabung vacum.
  2. Ukuran fisiknya lebih kecil dibanding komputer generasi pertama.
  3. Kinerjanya lebih cepat dan akurat.
  4. Panas yang dihasilkan oleh mesin komputer lebih kecil.
  5. Programnya menggunakan bahasa assembly.
  6. Input dan output device nya lebih cepat.

C. Generasi Ketiga (1964-1971)

Robert Noyce dan Jack Kilby, dua orang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC = Integrated Circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik yakni sejumlah  transistor, kapasitor dan resistor yang diperkecil dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor.

Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Demikian juga penggunaan bahasa program tingkat tinggi seperti FORTRAN-II s/d IV, COBOL, PASCAL PL/1, BASIC, ALGOL-68, dan lain-lain. Beberapa contoh produk komputer generasi ketiga adalah IBM-360 series, Honeywell-6000 series, PDP (Personal Data Processor), IBM-370/168, TDC-316, ICL 2900 dan lain-lain.

Gambar Komputer Generasi Ketiga (Sumber Gambar : KOMPUTER GENERASI KETIGA (1964-1971) | Kecarat)

Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. Demikian juga penggunaan bahasa program tingkat tinggi seperti FORTRAN-II s/d IV, COBOL, PASCAL PL/1, BASIC, ALGOL-68, dan lain-lain. Beberapa contoh produk komputer generasi ketiga adalah IBM-360 series, Honeywell-6000 series, PDP (Personal Data Processor), IBM-370/168, TDC-316, ICL 2900 dan lain-lain.

Karakteristik Komputer Generasi Ketiga :
  1. Penggunaan IC  disamping juga transistor.
  2. Ukurannya lebih kecil dengan harga yang lebih murah.
  3. Kinerja lebih cepat dan handal.
  4. Menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi.
  5. Penyimpanan menggunakan piringan magnetik/disket.
  6. Penggunaan daya listrik kecil sehingga biaya pemeliharaan lebih ringan.

D. Generasi Keempat (1971-Sekarang)

Komputer generasi keempat muncul berkat penemuan mikroprosesor dengan teknologi VLSI (Very Large Scale Integration). Mikroprosesor pertama kali diperkenalkan oleh Intel pada tahun 1971 yang ditemukan oleh ilmuan Intel, Ted Hoff. Komputer dirancang dengan menggunakan mikroprosesor, dimana ribuan sirkuit terpadu dibangun ke sebuah chip silikon tunggal yang memungkinkan ukuran komputer menjadi lebih kecil dan kompak.

Microprocessor (Sumber Gambar : KOMPUTER GENERASI KEEMPAT (1971 - Sekarang) | Kecarat)

Komputer Generasi Keempat (Sumber Gambar : nesabamedia.com)

Pada masa ini, mulai muncul laptop yang sangat portable dan dapat dibawa kemana-mana. Seiring komputer-komputer kecil ini menguat, mereka dapat dihubungkan untuk membentuk jaringan, yang pada akhirnya mengawali perkembangan internet.

Karakteristik Komputer Generasi Keempat :
  1. Penggunaaan mikroprosessor dengan teknologi VLSI.
  2. Harga jauh lebih murah dari generasi sebelumya.
  3. Ukuran lebih kecil dan kompak.
  4. Dapat dihubungkan dengan jaringan internet.
  5. Menggunakan sistem operasi MS-DOS dan MS Windows.
  6. Penggunaan mouse menyebabkan komputer semakin personal.

E. Generasi Kelima (Sekarang - Masa Depan)

Komputer generasi kelima ini adalah komputer yang kita gunakan. Ditandai dengan munculnya LSI atau large scale integration yang merupakan pemadatan ribuan mikroprosesor ke dalam satu mikroprosesor. Komputer generasi kelima ini juga ditandai dengan munculnya semi konduktor.  

Contoh Komputer Generasi Kelima (Sumber Gambar : yonnysite.wordpress.com)

Karakteristik Komputer Generasi  Kelima :
  1. Menggunakan teknologi Ultra Large Scale Integration (ULSI)
  2. Memiliki kecerdasan buatan.
  3. Mampu mengenali gambar dan grafik.
  4. Dapat memecahkan masalah yang sangat kompleks termasuk pengambilan keputusan dan penalaran logis.
  5. Menggunakan lebih dari satu CPU untuk proses yang lebih cepat.

STRUKTUR SISTEM KOMPUTER

Komponen dalam komputer terbagi menjadi 3 yaitu komponen input, komponen proses, dan komponen output. Ketiga komponen tersebut berkerja sama yang menciptakan suatu lingkungan yang disebut sistem komputer.

Kata sistem berasal dari bahasa Latin “systema” yaitu suatu kesatuan yang terdiri dari beberapa komponen atau elemen yang saling berkaitan satu dengan yang lain dalam mencapai tujuan tertentu.

Tujuan utama dari sistem komputer adalah mengolah suatu data dengan dukungan yang berasal dari perangkat keras, perangkat lunak dan penggunanya untuk menghasilkan suatu informasi.

Sumber gambar : Kenali Struktur Sistem Komputer dan Penjelasannya [LENGKAP] (nesabamedia.com)

Sistem komputer itu sendiri memiliki struktur-struktur yang didefinisikan sebagai cara-cara yang digunakan agar setiap komponen dalam komputer saling terkait dan bekerja sama dalam menjalankan fungsinya dengan baik. Tidak ada ketentuan khusus tentang bagaimana struktur sistem dalam komputer.

A. Input Device


Input device termasuk kedalam perangkat keras komputer yang menangani aktivitas penerimaan input yang berasal dari luar sistem. Fungsi dari input device ini adalah memasukkan data atau perintah yang diberikan oleh pengguna kedalam sistem. Contoh perangkat yang menjadi bagian input device seperti keyboard, mouse, joystick, scanner, touchpad dan masih banyak lagi.


B. Output Device


Output device merupakan perangkat keras yang menangani aktivitas keluaran. Fungsi dari output device adalah untuk menampilkan hasil dari pengolahan data, baik itu berupa soft copyhard copy ataupun suara. Contoh perangkat keras komputer yang termasuk kedalam output device adalah printer, speaker, projector, monitor, headphone dan sebagainya.


C. I/O Port


I/O Ports dikatakan sebagai konektor yang berada dalam pengawasan processor untuk menangani aktivitas input dan output. Atau dengan kata lain, port ini digunakan untuk menghubungkan setiap perangkat yang berasal dari luar komputer, seperti printer, scanner, mouse ataupun USB.
Biasanya, port ini terletak berada pada bagian belakang CPU pada komputer dan bagian dalam motherboard, sedangkan pada laptop port terletak di samping kanan dan kiri.

D. CPU (Cental Processing Unit)


CPU (Central Processing Unit) merupakan perangkat keras komputer yang disebut sebagai otak dari sistem komputer. Sebab, cepat atau lambatnya kinerja dari suatu komputer ditentukan oleh teknologi dan kualitas dari CPU yang digunakan.

Terdapat 3 macam komponen dalam CPU, yaitu unit kontrol, register dan ALU (Aritmathic Logic Unit). Unit kontrol merupakan bagian yang berfungsi untuk mengatur jalannya program, register berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data yang sedang diolah untuk lanjut ke pengolahan berikutnya. Sedangkan ALU yang memiliki tugas untuk menjalankan operasi aritmatika dan logika berdasarkan instruksi yang diberikan.

E. Memory


Memory mengacu pada perangkat yang berfungsi sebagai media penyimpanan dalam sistem komputer. Terdapat dua jenis sifat memory yang digunakan, volatile adalah penyimpanan sementara dimana data akan hilang ketika komputer dimatikan, dan non-volatile adalah penyimpanan permanen yang akan menyimpan data walaupun komputer tidak dinyalakan.
Berdasarkan letaknya, memory terbagi ke dalam dua bagian, yaitu memory internal dan eksternal. Memory internal inilah yang dikatakan sebagai memory utama dalamm sistem komputer, seperti RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory).

F. Sistem Bus

Sistem Bus adalah suatu sistem komunikasi data yang digunakan untuk menghubungkan beberapa komponen dalam komputer seperti Memori, CPU, dan perangkat Input / Output.

Komputer dapat berjalan apabila semua komponen dalam komputer dapat terhubung satu sama lain. Kemudian Bus ini digunakan sebagai "jalur komunikasi" antar komponen pada komputer untuk mengirimkan data satu sama lain yaitu dari perangkat CPU, Memori dan perangkat Input / Output.

Bus menyediakan jalur komunikasi untuk data dan sinyal kontrol yang bergerak di antara komponen utama sistem komputer. Bus sistem bekerja dengan menggabungkan fungsi dari tiga bus utama: yaitu bus data, alamat, dan kontrol. Masing-masing dari ketiga bus tersebut memiliki karakteristik dan tanggung jawab tersendiri.


1. Control Bus

Sesuai dengan namanya, control bus merupakan bagian sistem komputer yang berfungsi untuk mengontrol penggunaan akses ke data bus dan address bus. Pada prinsipnya, saluran data dan saluran alamat dipakai secara bersamaan oleh seluruh komponen, sehingga diperlukannya control bus untuk mengontrol penggunaannya. Control bus ini dilengkapi dengan sinyal-sinyal perintah menspesifikasikan operasi-operasi yang akan dibentuk.

2. Address Bus (Saluran Alamat)

Address bus berkaitan dengan sumber atau alamat tujuan pada bus data. Selain itu, address bus ini digunakan ntuk memilih lokasi memori atau port untuk menjalankan operasi tulis (write) dan baca (Read).  Agar seluruh perangkat terhubung dengan sistem komputer harus memiliki alamat untuk dapat diakses. Sebagai contoh, CPU akan membaca sebuah kata berasal dari memori, maka CPU akan meletakkan alamat data tersebut pada saluran alamat.

3. Data Bus (Saluran Data)

Data bus merupakan bagian dari sistem komputer yang menjadi jalur perpindahan antar data yang terdapat dalam modul sistem komputer. Data tersebut akan dipindahkan dari piranti masukan ke CPU, CPU ke memori, atau dari memori ke piranti keluaran. Lebar bus menentukan besarnya data yang dapat ditransfer sekali waktu. Biasanya, data bus terdiri atas 8, 16, 32, 64 atau lebih jalur paralel.











Sumber :
https://www.kecarat.com/2016/09/komputer-generasi-kedua.html

https://www.ruangguru.com/blog/yuk-ingat-kembali-sejarah-perkembangan-komputer#:~:text=Komputer%20pertama%20kali%20ditemukan%20oleh,seperti%20Lovelace%20dan%20Alan%20Turing

https://www.nesabamedia.com/struktur-sistem-komputer/#:~:text=Secara%20umum%2C%20ada%20struktur%20dalam,O%20Ports%2C%20CPU%20dan%20Memory





Komentar